Civil Society dalam Perspektif Manajemen Pendidikan

Rp87.000,00

Deskripsi

Judul: Civil Society dalam Perspektif Manajemen Pendidikan
Penulis: Andik Wahyun Muqoyyidin, M.Pd.I
ISBN: 978-602-7802-04-9
Penerbit: Lintang Rasi Aksara Books
Dimensi: 15 x 23 cm
Kertas: HVS 70 gr
Ketebalan: xiv + 562 hlm

“Berada di lubuk paling dalam dari masyarakat madani adalah
jiwa madaniyyah, civil society, yaitu keadaban itu sendiri”
—Nurcholish Madjid

Membicarakan civil society adalah membicarakan kehidupan politik suatu bangsa, apakah bangsa itu sudah demokratis atau masih otoriter. Civil society adalah sebuah entitas yang menjadi pendukung utama bagi terwujudnya suatu kehidupan politik yang demokratis. Apabila suatu negara masih menganut sistem politik yang otoriter dan diktator, maka mustahil akan muncul suatu kekuatan civil society yang kuat, meski kekuatan-kekuatan civil society itu ada, tapi tidak bisa eksis dan bahkan untuk sekadar menjadi dirinya sendiri saja amat sulit. Civil society berkaitan erat dengan proses demokratisasi yang berlangsung dalam masyarakat, ia merupakan musuh “bebuyutan” dari seluruh rezim otoriter-diktator.

Pendidikan yang berbasiskan masyarakat (community-based education), adalah sesuai dengan misi pembangunan kita dewasa ini. Dengan ikut sertanya masyarakat di dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikannya, maka pendidikan tersebut betul-betul berakar di dalam masyarakat dan di dalam kebudayaan. Dengan demikian lembaga-lembaga pendidikan yang berfungsi untuk membudayakan nilai-nilai masyarakat Indonesia baru dapat memenuhi fungsinya dan semestinya hal ini dijadikan sinyalemen positif bagi pimpinan lembaga pendidikan, bahwa peluang mengelola hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat semakin luas.

Konstruksi pemikiran Cak Nur tentang konsep civil society di atas, dapat ditinjau dalam berbagai perspektif, salah satunya adalah dalam perspektif manajemen pendidikan Islam. Bagaimana pandangan Cak Nur tentang konsep civil society dan manajemen pendidikan Islam sekaligus civil society dalam perspektif manajemen pendidikan Islam, tentu Anda harus melacaknya sendiri dengan membaca secara detail apa yang menjadi kandungan buku ini. Semoga buku sederhana ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama kalangan aktivis pergerakan Islam, mereka yang terlibat dalam kegiatan politik, birokrasi, tentara, polisi, lembaga swadaya masyarakat, ormas dan tentu – ini yang penting – para aktivis gerakan Islam yang mendorong terwujudnya sistem politik yang mencerminkan ajaran Islam dan para manajer pendidikan Islam.

Additional information

Berat 1 kg

Ulasan

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Civil Society dalam Perspektif Manajemen Pendidikan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *